KONGSINEWS.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menanggapi keberhasilan PT PAL Indonesia dalam memproduksi sejumlah kapal perang atau kapal perang RI (KRI).

Prabowo Subianto menyatakan keberhasilan PT PAL Indonesia dalam memproduksi sejumlah kapal perang atau membuktikan kesungguhan anak bangsa dalam menjamin kedaulatan negara.

“Penguatan kemampuan matra laut dari segi penambahan alat utama sistem senjata atau alutsista maupun sumber daya manusia mutlak harus dilakukan.”

“Untuk memenuhi kebutuhan pertahanan negara,” kata Prabowo Subianto.

Baca artikel lainnya di sini: Prabowo Subianto Beri Penghargaan Koin Menhan, Prajurit Kopaska: Terima Kasih Bapak, Kami Bangga

PT PAL Indonesia sebagai industri strategis pertahanan nasional turut mendukung visi Indonesia menjadi poros maritim dunia sebagaimana telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi

“Karenanya penting bagi kita untuk dapat membangun kekuatan pertahanan maritim,” kata CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod.

Kaharuddin Djenod menekankan pentingnya potensi yang dimiliki di kawasan Asia Pasifik.

Menurutnya, kehadiran KRI Sampari-629 dan KRI Tombak-628 telah memperkuat perannya di Koarmada II.

Sedangkan KRI Halasan-630 bersama KRI Kerambit-627 yang saat ini sedang mengikuti latihan gabungan, selanjutnya bertugas mengamankan perairan utara Indonesia bersama Koarmada I.

Selain itu KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626 yang telah dilengkapi persenjataan siap melindungi perairan Indonesia timur dari ancaman.

“Kapal perang tersebut mulai desain, produksi dan pengintegrasian sistem persenjataannya dilakukan secara mandiri oleh bangsa Indonesia.”

“Saya harap dapat berperan optimal dalam meredam potensi ancaman stabilitas dan perdamaian di tingkat kawasan,” ucapnya.

Prabowo Subianto dan Kaharuddin Djenod menyampaikan hal itu saat delivery ceremony 5 unit kapal cepat rudal (KCR) 60 meter dalam bentuk sailing pass di Dermaga Madura Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Senin, 14 Agustus 2023.***