KONGSINEWS.COM – Kedutaan Besar Republik Rakyat China (Tiongkok) untuk Republik Indonesia mengecam insiden penyerbuan dan kekerasan terhadap area smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) pada Sabtu 14 Februari 2023

Dikutip dari pernyataan di laman kedutaan pada Selasa, Kedubes China menegaskan sikap senada dengan pemerintah Indonesia dan mengecam insiden kekerasan yang merugikan kepentingan sebagian besar masyarakat.

Kejadian itu menyebabkan satu karyawan warga China dan satu karyawan warga Indonesia meninggal dunia, demikian pernyataan Kedubes China.

Kedutaan menaruh perhatian besar pada insiden tersebut dan berkomitmen untuk menjaga hak dan kepentingan sah warga negara serta perusahaan China di Indonesia, dan akan terus berkomunikasi secara intens dengan kementerian terkait di Indonesia.

Sementara itu, pihak GNI menyampaikan duka cita mendalam atas kerusuhan yang tidak hanya berdampak kepada perusahaan, namun juga masyarakat setempat.

Perusahaan meminta seluruh pihak bisa mengendalikan diri, berpikir jernih dalam memproses segala informasi dan berharap agar peristiwa serupa tidak terulang kembali.***